28 Jun 2010

Ziarah Wali


Kemarin aku ke Makam Gusdur, Seorang ulama yang punya khas tersendiri bagiku. Yah lumayan bisa jalan dan belanja-belanja yang lain. Aku melihat fenomena yang lain, ketika aku menginjakkan kaki pertama kali di Makam Gusdur yang tepatnya di Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur. Sebuah pemandangan yang gak tabu bagi saya yang asli Sulawesi, begitu para peziarah bebondong-bondong memadati Makam Gusdur dengan khusyu dan ikhlas mereka melantungkan Yasin, Tahlil dan Tahtim serta Do'a untuk mendiang Gusdur. 

Bagi mereka Gusdur adalah wali terakhir sekaligus menambah daftar wali songo yang ada di pulau Jawa, sungguh sebuah penghargaan dan apresiasi yang layak diacungi jempol.

Saya menyaksikan betul bahwa orang jawa adalah orang yang suka memuja dan memuji para wali dan menganggap mereka mempunyai barokah yang layak untuk di datangi. Sungguh luar biasa tradisi orang jawa.

Aku habiskan waktu hari ini dirumah aja, tidur-tiduran di kamar dan noton TV. Rupanya Malam ini, malam minggu. Aku kepengen jalan-jalan ke Alung-alung Pare Ah.....

Tulungrejo, 29 May 2010/Sabtu: 18:00 AM

0 komentar :

Posting Komentar